Obat Asam Urat di Apotik

Obat Asam Urat di Apotik Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.Penyakit asam urat atau dalam bahasa latinnya sering disebut dengan gout, yaitu merupakan penyakit yang menyerang pada sistem persendian dan tendon. Akibat dari timbunan di kristal urat. Dampak dari Timbunan kristal urat ini dapat disebabkan oleh deposit asam urat yang lama-kelamaan bisa membentuk kristal pada persendian atau tendon yang telah terkenai. Sehingga dapat mengakibatkan peradangan.

Obat Asam Urat di Apotik

Laki-laki lebih rawan terkena penyakit asam urat dibandingkan dengan perempuan, terutama saat usia mereka di atas 30 tahun. Pada perempuan, penyakit ini biasanya berisiko timbul setelah menopause. Orang yang terkena serangan penyakit asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 hari. Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Pada tahap ini, penderita dapat tidak mampu bergerak secara leluasa.

Gejala asam urat ini pun memiliki tanda-tanda yang mirip dengan artritis. Yakni nyeri sendi, terutama pada jempol kaki, yang kemudian dapat merambat ke bagian persendian kaki. Sebagian orang yang berusia 35 tahun ke atas pada umumnya lebih sering rawan terkena penyakit asam urat ini.

Penderita asam urat itu, wajib melakukan diet ketat terhadap berbagai macam makanan pencetus purin. Kendati asam urat ini sebenarnya bisa dikendalikan dengan obat. Khusus untuk Anda ada beberapa tips dan trik agar Anda dapat terhindar dari gejala dan risiko terkenanya gout dan mengalami lonjakan kadar asam urat.

Obat Asam Urat di Apotik Di Indonesia, orang sering salah kaprah menyamakan penyakit asam urat (gout/pirai) dengan rematik. Padahal rematik adalah istilah umum yang dipakai untuk menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan. Penyakit asam urat (gout/pirai) hanya salah satu penyebab nyeri pada persendian. Mengenali gejala dan tanda pada gout dapat membantu seseorang membedakan dengan nyeri sendi yang disebabkan oleh kondisi lain.

Sedangkan untuk mencegah kambuhnya serangan penyakit asam urat, Anda bisa mengonsumsi obat penurun kadar asam urat (misalnya allopurinol). Selain itu, Anda diharuskan untuk menjauhi makanan-makanan pemicu penyakit asam urat dan segera turunkan berat badan. Utamakan makanan rendah kalori untuk mendukung upaya mendapatkan berat badan ideal.

Kombinasi obat-obatan dari dokter serta perilaku hidup sehat umumnya terbukti ampuh dalam menurunkan kadar asam urat dan melarutkan kristal-kristal tajam yang telah terbentuk. Dengan kombinasi tersebut, maka diharapkan pasien penyakit asam urat tidak lagi mengalami kambuh.

Obat Asam Urat di Apotik

 

Berikut beberapa tips di antaranya:

Hindari makanan dengan kadar purin yang tinggi
Seperti ragi jeroan (ginjal, hati, paru, babat, iso), ekstrak daging gorengan kacang-kacangan, ikan teri jengki, ikan sarden, ikan hering,dan lain-lain, juga berbagai jenis minuman beralkohol dan bir.

Pilah serta pilih makanan rendah purin
Seperti kol merah, kubis, paprika mesh, pterseli, pisang, seleda, dan buah asam yang termasuk makanan yang baik untuk pasien gout. Sayuran seperti bayam,kembang kol, asparagus,kacang polong dan jamur, mengandung purin dalam kadar sedang. Sehingga pengaruhnya tidak terlalu pada kadar asam urat dalam darah.

Memilih jenis makanan berkarbohidrat kompleks
(buah, sayuran, beras merah), protein tanpa lemak (tahu), dan lemak esensial yang sehat dalam penerapan pola makan sehat Anda.

Dianjurkan juga mengonsumsi kopi dan teh
Obat Asam Urat di Apotik Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam American Journal of Clinical Nutrition edisi Agustus 2010, mengonsumsi empat cangkir kopi per hari, dapat memangkas risiko terbentuknya asam urat sebanyak 50 persen lebih. Demikian itu juga menurut penelitian dari Boston University dan Harvard Medical School, mengonsumsi atau meminum 2-4 cangkir teh juga dapat menurunkan risiko gout pada perempuan sekitar 22 persen.

Bawang putih sering disebut herbal ajaib
Karena dapat membantu mengatasi berbagai penyakit dan bermanfaat dalam banyak fungsi tubuh. Cara pengonsumsiannya yaitu sebanyak 3-5 siung bawang putih dalam sehari dapat membantu mengatasi gout dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Konsumsi juga berbagai macam makanan yang memiliki zat penurun asam urat dan mengurangi peradangan. Seperti tahu, minyak zaitun juga buah beri (bluberi, stroberi).

Obat Asam Urat di Apotik

Selain itu, peterseli juga bersifat diuretik (peluruh kencing) sehingga dapat membantu menggelontor asam urat dari tubuh. Sayuran ini bisa dikonsumsi dengan cara diseduh seperti teh atau dapat jug dikonsumsi segar.

Lebih sering mengonsumsi air putih
Minum delapan gelas sehari atau ditambah jus buah segar (jeruk, tomat, apel, nanas, dan lain-lain).

Manfaatkan juga bahan herbal alami
Curcuma xanthorrhiza (Temulawak) yang mengandung zat germakron bersifat anti inflamasi juga. Pipernigrum (Lada hitam) dapat meningkatkan urinasi dan bersifat anti inflamasi. Andrographis paniculata nees (Sambiloto ) antiinflamasi (anti-peradangan) dan juga memiliki sifat diuretik.

Sehingga dapat membantu mengatasi radang sendi pada gout. Dianjurkan juga bagi Anda, Sonchus arvensis (Daun tempuyung) yang bersifat antioksidan dan memiliki senyawa flavonoid. Dan juga dapat menghambat kerja enzim kesatin oksidase dan reaksi superoksida sehingga pembentukan asam urat bisa dihambat atau dikurangi.

Rutin berolahraga teratur
Obat Asam Urat di Apotik Berlatihlah sekurang-kurangnya selama 30-40 menit menit setiap latihan dalam kurun waktu 4-5 kali seminggu. Pilihlah beberapa latihan yang gampang, seperti bersepedah atau juga jalan kaki atau joging. Kurangi juga memiliki tekanan berlebih dalam berat badan.