Cara Mengobati Asam Urat

Cara Mengobati Asam Urat Namun demikian perlu Anda ketahui bahwa mengenai gejala kolesterol dan asam urat yang tadi kami jelaskan terkadang berbeda pada kasus-kasus tertentu. obat tradisional asam urat dan kolesterol tadi pun lebih baik Anda konsultasikan dulu kepada dokter supaya Anda mendapatkan saran yang lebih baik sehingga penyakit Anda bisa lebih cepat sembuh. Konsultasikan juga kepada dokter mengenai cara-cara penanganan penyakitnya dan juga pantangan kolesterol dan asam urat yang tidak boleh dilakukan. Demikian artikel kali ini dan semoga bermanfaat.

Cara Mengobati Asam Urat

Penyakit asam urat atau encok adalah bentuk dari penyakit arthritis yang menyebabkan kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit yang datang secara tiba-tiba pada sendi tubuh Anda. Jempol kaki merupakan bagian yang paling sering terkena asam urat, tetapi encok juga dapat memengaruhi sendi lain di kaki, seperti lutut, pergelangan kaki, telapak kaki. Asam urat juga kadang terjadi di lengan, tangan, pergelangan tangan, dan siku. Tulang belakang juga bisa terkena meskipun jarang.

Cara Mengobati Asam Urat Meski termasuk penyakit kronis, encok ini bisa disembuhkan dan dicegah agar tidak kambuh. Kondisi ini dapat dikelola dengan mengurangi beberapa faktor gaya hidup. Silakan diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Sebelum melakukan tes, biasanya pertama-tama dokter akan bertanya mengenai :

  • Lokasi sendi yang terasa sakit.
  • Seberapa sering Anda mengalami gejala dan seberapa cepat gejala tersebut muncul.
  • Obat-obatan tertentu yang sedang Anda konsumsi.
  • Riwayat penyakit asam urat di keluarga Anda.
  • Penanganan penyakit asam urat
  • Penanganan penyakit asam urat memiliki dua sasaran utama, yaitu meringankan gejalanya dan mencegah serangan terulang kembali.

Cara Mengobati Asam Urat

Untuk meringankan gejala penyakit asam urat, Anda bisa menempelkan kantong es pada bagian sendi yang terasa sakit. Anda juga bisa mengonsumsi obat pereda rasa sakit, misalnya colchicine, OAINS (obat anti-inflamasi nonsteroid), dan obat-obatan golongan steroid.

Sedangkan untuk mencegah kambuhnya serangan penyakit asam urat, Anda bisa mengonsumsi obat penurun kadar asam urat (misalnya allopurinol). Selain itu, Anda diharuskan untuk menjauhi makanan-makanan pemicu penyakit asam urat dan segera turunkan berat badan. Utamakan makanan rendah kalori untuk mendukung upaya mendapatkan berat badan ideal.

Penyakit encok terjadi pada sekitar 1 dari 200 orang dewasa. Kondisi ini dapat memengaruhi semua orang, tanpa memandang usia dan jenis kelamin, tetapi pria lebih mungkin mengalaminya daripada wanita.

Cara Mengobati Asam Urat Orang yang terkena serangan penyakit asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 hari. Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Pada tahap ini, penderita dapat tidak mampu bergerak secara leluasa.

Biasanya, penyakit encok ini terjadi pada kelompok usia 30-50 tahun pada laki-laki, sementara pada perempuan lebih banyak ditemukan pada mereka yang telah mengalami menopause. Sedangkan, kelompok usia remaja dan anak-anak sangat jarang mengalami penyakit ini.

Cara Mengobati Asam Urat

Cara Mengobati Asam Urat Gejala kolesterol dan asam urat memiliki perbedaan, akan tetapi dua penyakit tersebut sering sekali terjadi secara bersamaan. Gejala asam urat biasanya dianggap sebagai gejala penyakit ringan yang tidak perlu diwaspadai karena biasanya yang dirasakan oleh penderita asam urat hanya rasa nyeri yang nantinya akan hilang dengan sendirinya. Padahal sebenarnya jika tidak kunjung diobati, asam urat akan semakin berbahaya. Bahkan ada banyak pantangan kolesterol dan asam urat yang seharusnya tidak boleh dilakukan oleh para penderita penyakit tersebut, tetapi tetap dilakukan.